TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK
PT So
Good Food
Sejarah Perusahaan
PT So Good Food Manufacturing pada awalnya bernama PT.
Japfa OSI Food Industries yang merupakan join
venture antara OSI (Otto and Sons Coorporation)Amerika dan PT.
Japfa Comfeed Indonesia yang didirikan pada tanggal 25 juni
1997.
Tanggal 1 November 2003 terjadi perubahan struktur kepemilikan saham PT.
Japfa OSI Food Industries, sehingga berganti nama menjadi PT. Japfa
Santori Indonesia dan tidak bekerja sama lagi dengan OSI.
Awalnya, PT So Good Food Manufacturing bekerja sama dengan
PT. Ciomas Adisatwa, namun pada tahun 2004, PT So Good Food
Manufacturing kemudian melepaskan diri dan melakukan proses produksi
sendiri. Sedangkan alat-alat produksi masih milik bersama. Namun pada tahun
2009, PT So Good Food Manufacturing lepas secara total
dari PT. Ciomas Adisatwa.
Goup ini dikenal oleh masyarakatsebagai perusahaan yang bergerak di bidang
peternakan, salah satunya adalah industri pakanternak. Oleh karena PT Japfa
Santori Indonesia merupakan perusahaan yang tidak menghasilkanpakan ternak
melainkan menghasilkan pangan berupa daging hasil olahan sehingga pada tanggal1
Oktober 2011 perusahaan ini berganti nama menjadi PT So Good Food
Manufacturing.Dinamakan demikian karena masyarakat mengenal perusahaan ini
dengan produk chicken nugget yang dihasilkan bermerek “SO GOOD”.
Visi, Misi dan Tujuan
Perusahaan
a. Visi
Perusahaan
Visi dari PT So Good Food Manufacturing yaitu menjadi perusahaan
yang memperhatikan jaminan mutu sebagai prioritas utama dengan menjalankan
prinsip-prinsip aman, sehat, utuh dan halal, menjadi perusahaan yang selalu
konsisten, efisien, produktif dan inovatif, menjadi perusahaan yang ikut tumbuh
bersama konsumen demi kesejahteraan bersama.
b. Misi
Perusahaan
Menyelenggarakan usaha
dibidang pengolahan makanan yaitu industri daging olahan lanjut (further
meat process) dan memberdayakan sumber daya manusia untuk mencapai
kesejahteraan dan kemandirian.
c. Tujuan
Perusahaan
·
Tujuan jangka pendek
Tujuan jangka
pendek PT So Good Food Manufacturing adalah untuk memenuhi kebutuhan
konsumen akan daging olahan berkualitas tinggi, menyerap tenaga kerja dari
daerah sekitar maupun luar daerah sekitar, sehingga dapat membantu mengurangi
pengangguran dan meningkatkan taraf hidup tenaga kerja.
·
Tujuan Jangka Panjang
Memproduksi daging
olahan secara kontinyu yang berkualitas tinggi hingga ditinjau dari sudut
ekonomi perusahaan dapat memuaskan.
SASARAN
Meningkatkan volume penjualan dan menguasai pangsa pasar
di tahun depan.
Analisis SMART:
Simple : Visi
yang sederhana tetapi memperhatikan kesehatan bagi seluruh rakyat maupun
perusahaan
Measureable : karena dapat diukur dari
mutunya sebagai prioritas utama
Aplicable : karena
bisa dapat diaplikasikan atau dilaksanakan oleh perusahaan maupun konsumen
Realible : konsisten terhadap prinsip
Timeable : jangka waktu lama, tidak ada batasan
STRENGTH
(KELEBIHAN)
1. Harga
produk yang kompetitif
2. Merupakan
pelopor so eco nugget dengan campuran ayam, di indonesia
3. Loyalitas
konsumen terhadap produknya
4. Brand
Image
5. Distribusi
luas
6. Penguasaan
pangsa pasar
7. Letak
pabrik stategis
8. Produk
terkenal di Asia dan Asia
9. Memiliki
jumlah varian rasa
10. Jargon
produk “Makanan Bergizi“
11. Selalu
menjaga kualitas memiliki sertifikasi ISO 9001
Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk
Mengetahui Kekuatan (Strength)
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
1.
Harga
produk yang kompetitif
|
4
|
0.1
|
3
|
0.3
|
2. Merupakan
pelopor so eco nugget dengan campuran ayam, di indonesia
|
3
|
0.075
|
4
|
0.3
|
3.
Loyalitas
konsumen terhadap produknya
|
3
|
0.075
|
4
|
0.3
|
4.
Brand
Image
|
4
|
0.1
|
2
|
0.2
|
5
Distribusi luas
|
4
|
0.1
|
4
|
0.4
|
6.
Penguasaan pangsa pasar
|
4
|
0.1
|
4
|
0.4
|
7.
Letak pabrik stategis
|
3
|
0.075
|
2
|
0.15
|
8.
Produk terkenal di Asia dan Asia
|
4
|
0.1
|
4
|
0.4
|
9. Memiliki jumlah varian rasa
|
4
|
0.1
|
2
|
0.2
|
10.
Jargon produk “Makanan Bergizi“
|
3
|
0.075
|
2
|
0.15
|
11.
Selalu menjaga kualitas memiliki sertifikasi ISO 9001
|
4
|
0.1
|
3
|
0.3
|
40
|
1
|
34
|
3.1
|
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit
penting
3 = penting
2 = agak
penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating Kekuatan :
1 = sedikit
kuat
3 = kuat
2
= agak
kuat
4 = sangat kuat
WEAKNESS (KELEMAHAN)
1. Jumlah
produksi yang tidak menentu menjadikan harga so eco nugget relative mahal
dibanding nugget-nugget lain yang beredar dipasaran
2. Masa
kadaluarsa so eco nugget yang sangat pendek, yaitu hanya 1 bulan dalam keadaan
beku
3. Desain
kemasan yang masih sangat sederhana dan belum memiliki daya tarik secara visual
4. Ketersediaan
bahan baku
5. Transportasi
masih memakai angkutan darat
6. Kurang
menyerap tenaga kerja
Kuesioner
Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)
Faktor Strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
1.
Jumlah produksi yang tidak menentu menjadikan harga so eco nugget relative
mahal dibanding nugget-nugget lain yang beredar dipasaran
|
3
|
0.16
|
-1
|
-0,16
|
2.
Masa kadaluarsa so eco nugget yang sangat pendek, yaitu hanya 1 bulan dalam
keadaan beku
|
4
|
0.21
|
-4
|
-0,84
|
3. Desain
kemasan yang masih sangat sederhana dan belum memiliki daya tarik secara
visual
|
4
|
0.21
|
-4
|
-0,84
|
4.
Ketersediaan bahan baku
|
2
|
0.10
|
-2
|
-0,2
|
5. Transportasi masih memakai angkutan
darat
|
3
|
0.16
|
-4
|
-0,64
|
6.
Kurang menyerap tenaga kerja
|
3
|
0.16
|
-3
|
-0,48
|
19
|
1
|
-18
|
-3,16
|
|
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit
penting
3 = penting
2 = Agak
penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating Kelemahan :
-1 = Sedikit
lemah
-3 = lemah
-2 = Agak lemah
-4
= Sangat lemah
OPPORTUNITY (PELUANG)
1. Pasar
domestic dan global masih terbuka lebar untuk dimanfaatkan, baik karena
ekspansi.
2. Pola
hidup konsumen yang masih memperhatikan gaya hidup sehat
3. Membuat
inovasi baru terhadap produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain
4. Masih
sedikitnya competitor yang mengembangkan produk ini
5. Bahan
baku pembuatan so eco nugget mudah tersedia
TRHEAT (ANCAMAN)
1. Ancaman pendatang baru
2. Daya
tawar menawar pembeli
3. Daya
tawar menawar produk pengganti
4. Persaingan
antar pesaing
Kuesioner Eksternal Factor Analysis
Strategi Untuk Mengetahui Ancamana (Threat)
Faktor
strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
||
1. Masuknya para pesaing baru
|
4
|
0.27
|
-4
|
-1.08
|
||
2. Fluktuasi nilai tukar rupiah
|
4
|
0.27
|
-3
|
-0.81
|
||
3. Iklim yang dapat menjadikan tumbuhan teh
tidak baik
|
4
|
0.27
|
-3
|
-0.81
|
||
4. Pesaing produk untuk minuman teh kotak
|
3
|
0.19
|
-3
|
-0.57
|
||
15
|
1
|
-13
|
-3.27
|
|||
Ukuran pembobotan :
1 = sedikit
penting
2 = Agak penting
3 =
penting
4 = sangat penting
Ukuran Rating Ancaman :
1 = Sedikit
Mengancam
2 = Agak Mengancam
3 =
Mengancam
4 = Sangat Mengancam
Analisis Matrik SWOT
Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis
internal dan eksternal pada Tabel di atas, hasilnya dapat dirangkum sebagai
berikut:
- Skor Total Kekuatan 3.1
- Skor Total Kelemahan – 3,16
- Skor Total Peluang 3,04
- Skor Total Ancaman – 3,27
Dari hasil perhitungan di atas, di dalam perhitungan
strateginya memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam salib sumbu yaitu
antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman yang kesemuanya
digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif. Hal ini mengakibatkan, skor
total kekuatan tetap 3,1, skor total kelemahan menjadi – 3,16 sedangkan skor
total peluang 3,04, dan skor total ancaman menjadi – 3,27
Dari analisis di atas dapat dikatakan bahwa
faktor kekuatan lebih kecil dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor
peluang lebih kecil dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT SO GOOD FOOD berada pada
kuadran 3 yang berarti pada posisi Diversifikasi
Conglomerat, dimana hal ini menunjukkan
kondisi intern PT SO GOOD FOOD yang LEMAH, dengan lingkungan yang sangat
MENGANCAM.
Berpijak dari skor total ini, maka penentuan
posisi PT SO GOOD FOOD dapat
digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada Gambar
Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara
sebagai berikut:
Koordinat Analisis Internal
(Skor total Kekuatan – Skor Total Kelemahan) =
(3,1 – 3,16)
= – 0,06
Koordinat Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman)
=
(3,04 – 3,27)
= – 0,23
Jadi titik koordinatnya terletak pada (- 0,08; – 0,23)
Posisi PT SO GOOD FOOD
Jika posisi diagram itu stength x
oportunity
= growth
Jika posisi diagram itu weaknes x
oportunity
= stabilitas
Jika posisi diagram itu weaknes x treath
= diversifikasi conglomerat
Jika posisi diagram itu strength x
treath
= kombinasi
Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal
tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran III namun cenderung
dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan
menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari
masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :
Tabel
Luasan Matrik dan Prioritas Strategi
Kuadran
|
Posisi
titik
|
Luas
matrik
|
Ranking
|
Prioritas
Strategi
|
SO
|
(3,1 x 3,04)
|
9,424
|
4
|
Growth
|
WO
|
(-3,16 x 3,04)
|
-9,6064
|
3
|
Stabilitas
|
WT
|
(-3,16 x -3,27)
|
10,3332
|
1
|
Diversivikasi Conglomerat
|
ST
|
(3,1 x -3,27)
|
-10,137
|
2
|
Kombinasi
|
Dari pengolahan data untuk mengetahui luas matrik dan
prioritas strategi pada Tabel ….., maka diperoleh hasil luas matrik terbesar
pada kuadran IV dengan luas matrik -10,137, namun perlu diperhatikan
juga bahwa luas matrik pada kuadran III juga memiliki luas matrik yang cukup
diperhitungkan yaitu 10,3332. Uraian mengenai posisi ranking luas matrik
kuadran pada Tabel ….. antara lain :
- Ranking ke 1 : Pada kuadran ke III dengan luas matrik 10,3332
- Ranking ke 2 : Pada kuadran IV dengan luas matrik -10,137
- Ranking ke 3 : Pada kuadran II dengan luas matrik -9,6064
- Ranking ke 4 : Pada kuadran I dengan luas matrik 9,424
Alternatif Strategi
Tiap strategi dalam peta analisa
positioning dan evaluasi ini menunjukkan faktor-faktor penting. Sebagaimana
ditunjukkan dalam kuadran dalam analisis SWOT masing-masing kuadran mempunyai
sifat-sifat sebagai berikut:
Kuadran pertama ini menggambarkan
kondisi intern yang kuat dengan lingkungan yang mendukung sehingga arah,
sasaran dan strategi organisasi yang sesuai adalah yang bersifat agresif,
misalnya strategi pertumbuhan (Growth Strategy) bagi organisasi.
Kuadran kedua ini menggambarkan
kondisi intern yang lemah dan kurang mendukung sehingga arah, sasaran dan
strategi organisasi yang sesuai adalah yang bersifat perbaikan intern, misalnya
stabilisasi dan rasionalisasi.
Kuadran ketiga ini menggambarkan
kondisi intern yang kuat dan lingkungan yang kuat mendukung sehingga arah,
sasaran dan strategi organisasi yang sesuai adalah berorientasi ke luar,
misalnya diversifikasi dalam hal bentuk pelatihan dan pendidikan.
Kuadran keempat ini menggambarkan
kondisi intern yang lemah dan kondisi eksternal yang kurang mendukung sehingga
arah, sasaran, dan strategi organisasi yang sesuai adalah yang bersifat
defensif, misalnya mempertahankan eksistensi (Survival Strategy).
Berdasarkan hasil dari analisis
data, serta didukung dengan matrik posisi perusahaan dari internal, eksternal
dalam kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta strategi pertumbuhan
pemasaran tersebut, maka pimpinan PT So Good Food Manufacturing harus mulai bisa mengidentifikasi hasil yang didapatkan dari
fasilitas dan layanan yang diluncurkan ke pasaran.
Analisa matrik SWOT yang telah
diuraikan di atas telah mendapatkan suatu hasil titik koordinat yang terletak
pada (-0,06; -0,23) . Hal ini menunjukkan bahwa pada sumbu datar mempunyai
nilai -0,06, sedangkan pada sumbu vertikal mempunyai nilai -0,23. Jika ditinjau
lebih jauh, posisi ini mempunyai posisi yang cukup rawan, karena jika nilai ini
diposisikan pada posisi yang kuat, seharusnya nilai yang ada tidak sebesar
angka tersebut. artinya posisi itu seharusnya berada di tengah-tengah kuadran I
dengan nilai positif. Posisi perusahaan ini lemah karena dalam kenyataannya
nilai koordinat yang ada berada dalam posisi kuadran III. Hal ini bisa
ditunjukkan pula bahwa dengan angka koordinat – 0,06; – 0,23 menunjukkan bahwa
kekuatan yang ada lebih kecil dibandingkan dengan kelemahannya, serta peluang
yang ada mempunyai kondisi yang lebih kecil dibandingkan dengan ancaman yang
ada.
Berdasarkan analisa matriks
internal-eksternal dapat diketahui bahwa posisi PT So Good Food Manufacturing berada pada kolom 3 dimana pada kolom tersebut menyarankan
penempatan strategi yang bersifat deversifikasi conglomerate.
Berdasarkan analisa SWOT dapat
dilakukan strategi Diversifikasi Konglomerat Conglomerate
Diversification)yaitu dengan Menambah produk-produk baru karena saat ini
produk yang ada telah jenuh dan perusahaan mempunyai peluang untuk membeli
bisnis yang tidak berkaitan dan merupakan peluang
investasi yang menarik maupun mempunyai modal dan kemampuan manajemen yang
dibutuhkan dalam bersaing di industri baru.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Beberapa kesimpulan yang diperoleh
dari pengolahan data kuesioner serta melakukan berbagai analisis terhadap
masing-masing dimensi kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang adalah sebuah
kesimpulan yang komprehensif terhadap perubahan dan perbaikan strategi atau
program pendidikan oleh PT So Good Food Manufacturing.
Analisis ini merupakan analisis yang memadukan kekuatan di dalam organisasi
serta, memantau peluang yang ada di luar organisasi.
Dari hasil analisis SWOT yang
terdiri dari lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) serta lingkungan
eksternal (peluang dan ancaman) didapatkan total skor sebagai berikut:
- Skor Total Kekuatan 3,1
- Skor Total Kelemahan – 3,16
- Skor Total Peluang 3,04
- Skor Total Ancaman – 3,27
Mengacu pada angka skor di atas dan
berdasarkan matrik internal eksternal, maka diperoleh pemahaman bahwa posisi
organisasi berada dalam keadaan yang lemah sehingga strategi yang paling tepat
untuk diformulasikan adalah strategi diversifikasi conglomerate.
Saran
Dengan mengacu pada kesimpulan yang
telah dijelaskan di atas, maka dapat dapat diberikan beberapa saran sebagai
berikut:
- Menambah varian rasa pada produk maupun pengembangan kemasan pada produk
- Menjaga produk agar tetap berbahan alami
- Melakukan maintenance terhadap mesin dan teknologi karena sebagian besar proses produksi menggunakan mesin dan teknologi
- Strategi Bisnis Unit
Berdasarkan analisa SWOT PT So Good Food
Manufacturing berada di kuadran III atau kuadran
W.T(Weakness dan Threat) sehingga perlu menggunakan strategi Diversifikasi
Konglomerat Conglomerate Diversification) yaitu dengan Menambah
produk-produk baru karena saat ini produk yang ada telah jenuh dan perusahaan
mempunyai peluang untuk membeli bisnis yang tidak berkaitan
dan merupakan peluang investasi yang menarik maupun mempunyai modal dan
kemampuan manajemen yang dibutuhkan dalam bersaing di industri baru..
Untuk strategi unit bisnis PT So Good Food Manufacturing menggunakan strategi Fokus Diferensiasi. Saat ini
perusahaan belum mengalami penurunan yang tertalu tinggi namun masyarakat sudah
merasa jenuk dengan produk dan terdapat pesaing baru yang perkembangannya mulai
terlihat. Maka langkah yang perlu diambil untuk menjalankan strategi tersebut
meliputi:
- Pengembangan marketing
PT So Good Food Manufacturing
telah memiliki karyawan yang terbatas karena di perusahaan ini memiliki
peralatan ang berteknologi tinggi. Perusahaan harus mengeluarkan produk baru
yang masih berhubungan dengan produk lama, namun untuk merealisasikan proyek
tersebut maka di butuhkan tenaga kerja sales professional. Muyncul nya produk
baru harus diimbangi dengan program promosi dan tenaga sales yang handal.
Ditambah dengan program promosi
- Pengembangan tenaga Research and Development yang semakin kuat
Untuk pengembangan produk baru maka
tim R&D dibutuhkan, Hal ini dilakukan untuk membuat penelitian dalam
mengetahui produk yang dibutuhkan masyarakat, atau persepsi masyarakat mengenai
suatu produk. Hasil dari penelitian tersebut digunakan untuk menciptakan sistem
baru yang lebih baik bagi perusahaan. Dengan melakukan
- Pelatihan untuk tim R&D
- Penelitian produk baru
- Pengembangan produk dengan varian rasa
PT So Good Food Manufacturing
perlu mengembangkan produknya menjadi produk So Good Food yang memiliki varian
rasa, ini untuk menghindari fase Declaine produk.
VII. Formulasi Evaluasi
Persaingan diantara perusahaan
minuman saat ini terus meningkat. Meskipun So Good Food merupakan satu- satu
produk minuman prebiotic namun saat ini perlu di waspadai adanya produk baru
dan produk subsitusi kesehatan .Persaingan juga tidak hanya memicu perbaikan
inovasi namun juga pelayananya.
Untuk itu sasaran strategi yang
tepat perlu diterapkan agar dapat merebut mind share
(diingat dan popular dan market share (donasi)
(diingat dan popular dan market share (donasi)
Perusahaan So Good Food
Manufacturing perlu menerapkan strategi Fokus
Diferensiasi yang dapat kami rumuskan sebagai berikut;
No.
|
Strategi Bisnis Unit
|
Program
|
Target
|
Realisasi
|
Kinerja
|
1.
|
Fokus Diferensiasi
|
Penambahan tenaga sales
professional sebanyak 5 orang, dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan
sebesar Rp. 40.000.000,/ per bulan
|
Penambahan 5 tenaga sales menambah
pertumbuhan penjualan sebesar Rp. 40.000.000,/ per bulan
|
Pertumbuhan perjualan sebesar Rp
Rp. 40.000.000,/ per bulan
|
100%
|
|
Event promosi di Jakarta,
Surabaya, Bali menambah pertumbuhan penjualan sebesar Rp.15000.000,-/bulan
|
Terlaksana 3 event dengan disertai
penambahan penjualan sebesar Rp. 15.000.000,-
|
Penambahan penjualan sebesar Rp
10.000.000,-
|
66,67%
|
|
2
|
|
Pelatihan tim Reseach and
Development membuat kinerja tim semakin lebih baik, sehingga berperan dalam
proses terjualnya produk baru di pasaran mencapai keuntungan Rp 30.0000.000,-/
bulan
|
Produk laku dipasaran mencapai
keuntungan Rp. 30.000.000,-/bulan
|
Produk laku dipasaran mencapai
keuntungan Rp. 30.000.000,-/bulan
|
100%
|
|
Penelitian untuk produk baru
sehingga produk baru laku di pasaran sebesar Rp 60.000.000/bulan
|
Produk laku mencapai Rp
60.000.000/bulan
|
Produk laku mencapai Rp
60.000.000/bulan
|
83.3%
|
|
3.
|
|
Penambahan varian rasa pada
produk, dapat menambah pemasukan sebesar Rp Rp 60.000.000/bulan
|
Penambahan varian rasa menambah
pemasukan sebesar Rp 60.000.000/bulan
|
memberikan pemasukkan Rp
50.000.000/bulan
|
83,3%
|
Prosedur
`1. Tenaga sales profesional
- Dilakukan riset sebelum produk baru di luncurkan
- Peningkatan promosi penjualan
- Peluncuran produk baru harus lebih berkualitas dan memberikan keunikan di bandingkan produk lama
Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack - JT Hub
BalasHapusHarrah's Philadelphia Casino & 군포 출장샵 Racetrack - Harrah's Philadelphia Casino & Racetrack - Harrah's 김천 출장샵 Philadelphia Casino & Racetrack 진주 출장안마 - Harrah's Philadelphia 거제 출장마사지 Casino & Racetrack - Harrah's 안산 출장안마